Cari Berita Disini :

Rabu, 10 Juni 2009














Panen Raya di Dusun Serimbang, Desa Senakin


Komuditas Utama Desa Senakin

Desa senakin merupakan salah satu desa yang terletak di daerah Kec.Sengah Temila Kab.Landak, Kal-Bar. Desa senakin merupakan salah satu desa yang mulai berkembang seiring dengan kemajuan daerah di Kal-Bar, khususnya Kab.Landak. Sampai saat ini, desa senakin terus berbenah diri mengikuti perkembangan yang ada.

Desa senakin sudah tidak asing lagi untuk kita dengar. Hal ini dikarenakan Desa senakin merupakan salah satu desa pemasok beras terbesar di Kab.Landak. Dengan besarnya hasil pertanian padi yang dikelola oleh masyarakat sekitar, maka tidaklah heran apabila kini desa senakin dikenal sebagai kompleks agribisnis Kab.Landak. Besarnya lahan pertanian yang dimiliki oleh daerah ini dapat kita lihat dipinggir jalan raya, baik dari arah Kota Pontianak maupun sebaliknya.

Tiap kali panen, petani di daerah ini dapat menghasilkan puluhan ton padi. Dilihat dari letaknya, Desa Senakin memang dikelilingi oleh hijaunya lahan pertanian tanaman padi. Dan biasanya petani di daerah ini dapat memanen padi tiga kali dalam setahunnya. Namun, terkadang hasil pertanian di dearah ini mengalami penurunan akibat serangan hama wereng dan tikus. Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para petani adalah banjir. Desa senakin tiap tahunnya sering dilanda banjir dan hal ini sudah menjadi langganan serta tidak asing lagi bagi masyarakat setempat. Adapun waduk/bendungan yang dibuat tidak dapat menahan besarnya curahan hujan, sehingga sungai Temila meluap dan membanjiri perumahan warga serta lahan pertanian yang ada.

Selain tanaman padi, desa senakin juga merupakan daerah pengembangan perikan dan perkebunan karet yang cukup besar. Namun, masih perlu dikembangkan.

1 komentar:

  1. mantaf.. pauda.. senakin udah semakin maju.. baik dibidang pertaniannya.. jg dibidang pendidikannya saya salut dan bangga menjadi warga senakin

    BalasHapus